Sabtu, 09 April 2011

Akhlak Siswa Terhadap Guru

AKHLAK TERPUJI
  1. Pengertian
    Akhlak artinya budi pekerti, kelakuan. terpuji berarti baik. Akhlak terpuji berarti budi pekerti yang baik.
  2. berbaik hati
    tahukah kamu apa yang dimaksud dengan berhati lembut? manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalani hidupnya tiidak dapat terlepas dari bantuan orang lain. dalam kehidupan di masyarakat, manusia sebagai makhluk sosial dalam bergaul dengan sesamanya harus mengikuti aturan-aturan yang ada di masyarakat. demikian juga sebagai siswa di sekolah. sebagai siswa di sekolah juga harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku disekolah. dalam bergaul sehari-hari sesama teman harus dapat menjaga hubungan baik, saling tolong menolongagaar tercipta kerukunan. berbuat baik tidak hanya sesama teman, tetapi juga sesama tetangga maupun keluarga. Dengan bergaul kita dapat saling berhubungan satu sama lain, saling tolong-menolong sehingga tumbuh kasih sayang dalam kegiatan sehari-hari. yang lebih tua menyayangi yang lebih muda, yang lebih muda menghormati yang lebih tua, sehingga terwujud rasa setia kawan, akhirnya dapat hidup rukun, damai, aman dan sejahtera.
  3. kerja keras, tekun dan ulet.
    kerja keras dapat kita artikan menjadi berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita yang diinginkan, tekun dan ulet dalam berusaha dan tekun dalam belajar.

KEJUJURAN
Pengertian jujur yaitu lurus hati, tidak bohong, tidak curang. orang yang jujur berarti orang itu mau mengatakan sesuatu dengan sebenarnya sesuai dengan kenyataan.

Manfaat Jujur : orang yang jujur dalam kehidupan sehari-hari, maka kehidupannya akan ttenang dan tentram, tidak gelisah, tidak dikejar-kejar rasa takut sehingga hidupnya akan selalu bahagia. Kejujuran merupakan Norma yang harus dihargai. Dalam agama apapun sangat dianjurkan untuk bersikap jujur dalam berbagai hal, antara lain:
  1. Jujur dalam Berbicara
    apa yang diucapkan haruslah sesuai dengan hati nurani. Kita tidak boleh membohongi diri sendiri, karena bohong itu adalah dusta. Dan dusta akan membawa seseorang menuju kepada kebaikan. Kita mempunyai banyak teman karena selalu berkata jujur, sehingga tidak merugikan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar